[Intermezzo] Korean Exports Meningkat, Terima Kasih Untuk ‘Korean Wave’

Korean Wave telah menyebabkan beberapa dampak hal positif terhadap negara Korea itu sendiri, salah satunya yaitu telah terjadi peningkatan minat pada produk Korea.

Masyarakat di seluruh dunia ketika  melihat produk baru yang menarik di  video K-Pop dan drama favorit mereka membuat mereka ingin membeli produk tersebut. Melihat jaman yang sudah terhubung melalui internet dan layanan jaringan sosial, Korea telah menjadi sebuah negara baru dalam ekspor di banyak negara.
Menurut layanan Korea Bea Cukai , jumlah ekspor ke negara-negara di Timur Tengah, Amerika Selatan dan Asia Tengah telah meningkat terus selama beberapa tahun terakhir. Iran, Irak dan Arab Saudi sekarang melebihi 10 miliar dolar ekspor, dan volume ekspor ke negara Peru, Meksiko dan Brasil telah meningkat sebesar 50% sejak tahun lalu.

Sejak drama Korea “Dae Jang Geum” menggebrak Korean Wave di Irak, ekspor barang-barang konsumsi meningkat pesat, dengan total barang-barang konsumsi tahun lalu ekspor mencapai 750 juta dolar. Juga, ekspor produk seperti pendingin udara dan peralatan rumah tangga lain meningkat 10 kali sejak tahun lalu dan ekspor minuman Korea meningkat 20 kali.
Sejak 2007 “Dae Jang Geum” dan “Jumong” di tayangkan di Iran, ekspor barang-barang konsumsi telah meningkat 46,3 persen dan melampaui 1 miliar dolar. Juga, ekspor televisi memiliki lebih dari dua kali lipat dan ekspor mobil, peralatan rumah tangga, produk kosmetik dan minuman terus meningkat. Volume ekspor produk Korea ke Arab Saudi  total 1,9 miliar dolar.


Karena meningkat nya popularitas  kelompok idola Korea dan K-pop, banyak orang dari Amerika Tengah dan Selatan tertarik dengan produk-produk Korea. Di Peru, ekspor dua kali lipat tahun ini dengan total 340 juta dolar. Sementara itu di Brasil,  telah terlihat peningkatan di bidang peralatan rumah tangga dan sepeda motor.
Ekspor ke negara-negara seperti Vietnam dan Thailand meningkat, juga. Di Vietnam, produk-produk seperti kosmetik, aksesoris dan pakaian ekspor yang paling umum, dengan tingkat pertumbuhan ekspor pada tahun 2010 adalah 128,7 persen ke Vietnam, 112,1 persen menjadi 211,2 persen yaitu untuk negara Thailand dan ke Filipina.

Pasar untuk Korean Beauty juga menjadi  booming, dengan banyak wisatawan yang datang khusus untuk berbelanja kebutuhan kosmetik dan perawatan kecantikan atau membeli versi yang telah diekspor di negara asal mereka.

Karena Korean Wave, ekspor produk kosmetik meningkat 38,7 persen  dibandingkan tahun lalu. Menurut Korea Customs Service, pada semester pertama 2010, ekspor produk kosmetik Korea mencapai 240 juta dolar menyebar di antara 119 negara. Negara-negara Asia seperti Cina, Jepang dan Taiwan mendominasi.
kosmetik Korea merek “The History of Whoo”telah menjadi sangat populer di Cina, Jepang dan Taiwan, sementara di Vietnam produk ini mengalahkan merek  Lancome dan Estee

BB (blemish balm) Cream adalah salah satu produk yang paling populer, dengan wisatawan dari Jepang dan Cina membawanya kembali ke negara asal mereka sebagai hadiah untuk teman dan keluarga. Produk ini dipopulerkan oleh aktris dalam negeri Korea dan drama Korea, krim BB sekarang populer dari Asia Tenggara menuju Eropa dan AS.

Produk populer lainnya yaitu Faceshop yang Produknya juga dipopulerkan oleh artis korea yang terkenal salah satu nya yaitu Kim Hyun Joong.  karena K-Pop banyak orang orang tertarik pada produk Korea, seperti Kosmetik, pakaian serta acesoris lainnya yang membuat export di negara tersebut kini kian meningkat pesat di berbagai belahan dunia.

 
Credit : Oh Jun Kyung Korea.net Staff Writer
via : Hancinema
Indotrans and edited : Kidihae For Koreanindo

About Reekyu^^

I love K-pop^^

Posted on Juli 6, 2011, in KimHyunJoong, shinee, SNSD and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: